Jumat, 28 Desember 2012

Pengertian Model Instructional Games


A.Pengertian Model Instructional Games                              Instruetional games merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran berbasis komputer untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar menambah kemampuan siswa melalui bentuk permainan.
B.Karateristik Model Intructional Games
Tahapan yang harus  ditempuh dalam pembuatan instructional games, yaitu;
1.  Tujuan
2.  Aturan
3.  Kompetisi
4.  Tantangtan
5.  Khayalan
6.  Keamanan
7.  Hiburan


C.Tujuan Instructional Games
Dapat digunakan untuk memperoleh beragam informasi seperti;
a.  Fakta
b.  Prinsip
c.   Struktur
d.  Sistem dinamis
e.  Kemampuan memecahkan masalah
f.     Pengambilan keputusan
g.  Kemampuan kerja sama
h.  Kemampuan sosial seperti berkomunikasi
i.      Sikap
j.      Etika dan berbagai kemampuan insidental


D. komponen Instructional Games
Dibagi dalam 3 komponen;
1.   Pendahuluan (Introductional)
2.   Bentuk intructional games (Body of intructioanal Games)
3.  Penutup (closing)

E. Perencanaan Produksi Model Intructional Games
a. Membuat Rencana Pelaksaan Pemblajaran(RPP)
b. Membuat GBPM dan Perencanaan Program Instructional Games
c. Mwmbuat Flowchart program Intructional Games
d. Membuat Storyboard Instructional Games

F. Proses Poduksi Model Instructional Games
Setelah membuat perencanaan pengembangan program Instructional Games langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah produksi.pada tahap proses produksi, sbb:
1.  Introductional (pendahuluan) meliputi;
a.  Judul program (Title Page)
b.  Tujuan (Goal)
c.   Aturan (Rules)
d.  Petunjuk Bermain (Direction for Use)
e.  Pilihan (Choice)
2.  Bagian Inti Instructional Games
·      Tingkatan realita
·      Skenario yang tercermin dalam bentuk nyata
·      Khayalan atau tidak nyata
·      Menentukan pelaku pemain
·      Peranan dari pemain
·      Permainan memberikan tantangan terhadap pemain
·      Memunculkan raa ingin tau pemain
·      Kompetisi yang ilmiah
·      Memunculkan bermakna atau tidak bermakna dalam pembelajaran
·      Memunculkan kemampuan melawan kesempatan
·      Menentukan kemenagan atau kekalah
·      Memunculkan pilihan
·      Memberikan informasi
·      Menentukan interaksi bergiliran
·      Aktifitas yang khas
·      Kemudian akan selalu ada aktifitass bermain


3.  Penutup (Closing)
Dalam penutupan permain dibawa untuk memilih, melanjutkan permainan atau mengakhiri permainan yakni pada button atau tombol quit dengan pertanyaan are you really quity? Ada pilihan YES dan NO.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar